Popular Posts
-
Ada dua tipe kembar, identik dan fraternal . Kembar identik, juga disebut kembar monozigot (satu zigot), disebabkan oleh satu sp...
-
Assalaamu'alaikum, kawan ku semua! ^__^ Kali ini, kami akan membahas tentang surat al-Furqan, ayat 45-53 tentang kekuasaan ALLAH. nyok...
-
A rti : Dan mereka mengikuti apa yang dibaca oleh setan2 pada masa Kerajaan Sulaiman. Sulaiman itu tidak kafir tetapi setan2 itulah yan...
-
Arti: Kebajikan itu bukanlah menghadapkan wajahmu ke arah timur dan ke arah barat, tetapi kebajikan ialah (kebajikan) orang yang beriman...
-
Suatu hari, rara membuka sms dari seorang sahabat. Inti isi sms itu, katanya nggak boleh minum air dingin apalagi es saat haid. Jika itu ...
-
Istilah medis untuk cegukan adalah singultus . Cegukan disebabkan oleh iritasi atau ganguan pada saraf phrenic . Ini adalah saraf yang...
-
Bagai gempa bumi yang menggegarkan Tentera bergajah Abrahah Ingin memusnahkan Kota Mekah Kerana dengki dan benci terhadap rumah Alla...
-
MAKALAH PENGENALAN CYBERLAW DAN RUANG LINGKUPNYA Oleh: Kelompok 9 1. Matius Nugroho A. (1110962023) 2. Dhan...
-
Namaku Rara. Tahun 2010 adalah tahun dimana aku memakai baju putih-abu-abu. Tahun ini adalah halaman baru untukku di masa SMA. Cerita t...
-
Assalaamu'alaikum, semua!!!!! kali ini Rara akan mem-posting pelajaran agama yang telah Rara pelajari. Cekidot langsung aja ya! Fakt...
Diberdayakan oleh Blogger.
About Me
Labels
- aplikasi (1)
- Ayat al-Qur’an / hadist inspirator hidup (2)
- Ayat-ayat al-Qur’an dan Aplikasi di dalam kehidupan (3)
- Berita sekitar Indonesia (2)
- Berita seputar Galaksi (1)
- Cerpen by Rara (1)
- Fakta-fakta dalam al-Qur'an (3)
- Info SumBar (2)
- Kamu Perlu Tahu (10)
- Lirik Lagu Raihan (11)
- Pariaman info (1)
- Sastra (1)
- Sistem Informasi UNAND (1)
- Sistem Inormasi UNAND (1)
- Teknologi (3)
- ZURMO (1)
- Home »
- aplikasi , Sistem Inormasi UNAND , Teknologi , ZURMO »
- Yuk, Mengenal ZURMO!
Unknown
On Sabtu, 14 Februari 2015
Assalaamu'alaikum, sobat Rara-Deye semua~ ^__^)//
Huaa...huaa.... udah lama gak posting jadi bingung harus posting apa ya??
Apalagi Rara sibuk kuliah dan gak sempat posting apapun, jangankan posting buka blog saja tak sempat -_-)v
Nah, karena Rara hanya punya materi tentang kuliah, jadi Rara akan berbagi sedikit mengenai sebuah web-aplikasi yang disebut ZURMO!
tampilan awal ZURMO
SEBELUMNYA~
Rara mau MEMPERINGATI dulu tentang artikel ini, karena artikel ini merupakan hasil kerja keras dan dibuat oleh teman-teman Rara, dari Jurusan Sistem Informasi, Universitas Andalas, oleh Kelompok 8 yang mempresentasikan hasil teamwork mereka selama dalam mata kuliah Enterprise Application di semester 5. Siapa saja mereka??
=>Ananda Ardane
=>Maya Sopiah Lubis
=>Audiah Duhani
=>Suryaraputra Rahmatsyah F.
=>Agalalan Agustin
JADIIII.....
Kalian boleh kopasus (kopi-paste-ubah-sedikit) artikel ini mengatasnamakan mereka yang diatas ya~ Dan silahkan berterimakasih pada mereka karena pengenalan ZURMO berbahasa Indonesia sangat minim >/\<
OKE, langsung aja ke materi kita, ekhem~ (kayak dosen memberikan kuliah :D )
Sebelum kita mengenal ZURMO, terlebih dahulu kita mengenal CRM karena ZURMO ini berbasiskan pada CRM.
Ada beberapa definisi tentang CRM
antara lain:
a. “CRM
sebagai proses pengelolaan informasi rinci mengenai titik sentuhan (touch
points) individual pelanggan untuk memaksimalkan loyalitas pelanggan. Untuk
sebuah hotel, titik sentuh itu dapat mencakup reservasi, check – in, check –
out, frekuensi menginap, layanan kamar, layanan bisnis, fasilitas olahraga,
layanan cucian, restoran, maupun bar” (Kotler dan Keller, 2009).
b. “CRM sebagai pengelola hubungan
pelanggan melibatkan dua tujuan yang saling berkaitan: pertama, member semua
organisasi dan semua karyawannya yang berhadapan dengan pelanggan, satu
pandangan lengkap tentang setiap pelanggan di setiap hal dan di lintas semua
saluran; dan, kedua, member pelanggan satu pandangan lengkap tentang perusahaan
dan saluran-salurannya yang luas” (O’Brien, 2008:325).
Keuntungan CRM
·
Menjaga
pelanggan yang sudah ada
·
Menarik
pelanggan baru
·
Cross
Selling: menjual produk lain yang mungkin dibutuhkan pelanggan berdasarkan
pembeliannya
·
Upgrading:
menawarkan status pelanggan yang lebih tinggi (gold card vs. silver card)
·
Identifikasi
kebiasaan pelanggan untuk menghindari penipuan
·
Mengurangi
resiko operasional karena data pelanggan tersimpan dalam satu sistem
·
Respon
yang lebih cepat ke pelanggan
·
Meningkatkan
efisiensi karena otomasi proses
·
Meningkatkan
kemampuan melihat dan mendapatkan peluang
ZURMO
Fitur-fitur
Zurmo
1.
Contact
Management
·
Tampilan
detail kontak secara penuh
·
Dapat
digunakan di dalam memimpin manajemen
·
Dapat
memperoleh informasi secara cepat dengan menggunakan Global Search
2.
Activity
Management
·
Meetings,
Tugas, Catatan, and Pemberitahuan berada pada satu tempat
·
Dapat
melihat aktifitas manajemen yang telah terjadi
·
Latest
activities widget, merupakan salah satu hal yang dapat mempermudah di dalam
melihat informasi yang telah terjadi
3.
Deal
Tracking
·
Otomasi
tenaga penjualan
·
Dapat
digunakan untuk membuat dan mengatur kesempatan yang ada di dalam manajemen
·
Track
Sales Pipeline
·
Kemungkinan
Penutupan
4.
Gamification
·
CRM
Gamification rewards end users
·
Menyediakan
fitur Scores & Badges
·
Menyediakan
fitur Achievement & Status
·
Dapat
digunakan untuk meningkatkan adopsi bagi pengguna
5.
Reporting
·
Laporan
dibuat dalam brentuk virtual dalam berbagai record
·
Filter
dengan menggunakan Drag and Drop
·
Dapat
digunakan untuk mengkostumisasi, menyimpan, dan berbagi laporan
·
Menggunakna
chart berupa 3D Bar Graphs, Donut, Pie, dll
6.
Workflow
·
Workflow
dapat dibuat dengan menggunakan drag and drop wizard
·
Memberikan
Trigger email alerts
·
Dapat
memantau setiap event selama event tersebut berlangsung
·
Dapat
memberikan laporan dalam hal event yang akan berlangsung maupun event yang
telah terjadi
7.
Marketing
Automation
·
Dapat
digunakan untuk membeuat dan mengirim e-mail yang berupa kampanye pemasaran
·
Memberikan
jadwal dari autoresponders
·
Dibangun
dan terhubung dengan Web Form yang mempunyai link secara langsung terhadap CRM
·
Dapat
digunakan untuk mengatur promosi atau kampanye dari perusahaan
8.
Product
Management
·
Menyediakan
fitur pembuatan katalog produk
·
Dapat
digunakan untuk mengintegrasikan produk dengan kesempatan, akun, dan kontak
·
Melakukan
pengaturan terhadap item suatu produk dan jumlah yang tersedia
9.
Security
·
Memberikan
Roles untuk user
·
Menyediakan
fitur Groups
·
Memberikan
fitur izin, hak, dan kebijakan dalam kegiatan manajemen
·
Adanya
Ad-hoc teams
10. Personalize
·
Dapat
melakukan pengaturan terhadap field, layout, dan label
·
Dapat
melakukan pengaturan Dashboards
·
Dapat
mengkalkulasikan fields
·
Dropdowns
yang bersifat dependen
11. Internationalization
·
Menyediakan
berbagai bahasa.
·
Konfersi
mata uang dapat digunakan secara langsung
·
Mendukung
berbagai zona waktu
12. Developer Friendly
·
Open
Source CRM yang bersifat komplit
·
Dokumentasi
yang luas dan menyediakan dukungan dari komunitas
·
Uses
Test Driven Development (TDD)
·
Dibuat
dengan menggunakan Yii/JQuery
·
Dapat
berjalan di atas platform Windows atau Linux
13. Intergration
·
Menyediakan
API yang baik
·
Adanya
fitur Google Mapping / Geocode
·
Adanya
fitur Currency updator4m
·
Dapat
melakukan pengarsipan e-mail
14. On The Go
Dapat
digunakan di dalam beberapa versi, yaitu :
·
Tablet
·
iOS
·
Android
Platform dari Zurmo
Zurmo merupakan Open Source CRM yang
benar-benar merupakan suatu open source. Zurmo tidak hanya terbatas pada
penggunaan use case CRM tradisional. Zurmo juga merupakan salah satu platform
yang dibangun dengan menggunakan PHP dan dapat digunakan untuk menampung data
dalam kuantitas yang banyak. Zurmo dibangun dengan pondasi yang kuat baik dari
segi Back-End maupun Front-End.
Back-End : Disiplin yang tinggi di dalam Rekayasa
Perangkat Lunak
1. Open Source menyediakan
level kustomisasi yang lebih dalam.
2. Pengembangan Test Driven
Engineering meyakinkan bahwa Zurmo memiliki kekuatan yang stabil yang dapat
mengeliminasi bugs dan mempertahankan integritas suatu kode.
Front-End : Memberikan pengalaman yang baik kepada User
1. UI dari Zurmo sangat
terkenal minimalis dan intuitif.
2. Game Mechanics dibangun ke
dalam core code yang memotivasi dan mengenali pengguna, mendorong adopsi
pengguna.
Kelebihan Zurmo
Zurmo
memiliki beberapa kelebihan sebagai sebuah CRM, antara lain:
1. Merupakan platform
open-source dan tidak berbayar.
2. Berbasis web dan
dikembangkan dengan bahasa pemrograman PHP.
3. User bisa menggunakan
database popular, seperti MySQL, PostgreSQL, dan Oracle.
4. Tiap fitur atau menu di
dalam platform dijadikan modul dalam satu folder.
5. User interface yang bersih
dan rapi.
6. Memiliki fitur modul desisgner, yaitu fitur yang bisa
digunakan untuk menambah field-field baru
langsung dari aplikasi tanpa mengubah source code atau database secara
langsung.
7. Memiliki fitur layout designer, yaitu fitur yang
memungkinkan user untuk mengatur field apa saja yang ingin ditampilkan.
Kekurangan Zurmo
Di
samping kelebihan, Zurmo sebagai platform open-source juga memiliki beberapa
kekurangan, antara lain:
1. Komentar di dalam source
code masih sedikit, sehingga sedikit sulit jika ingin mengubah atau
mengembangkan source code sesuai dengan kebutuhan user.
2. Untuk mengubah beberapa hal,
seperti mengubah tampilan atau mengganti logo, user diharuskan untuk langsung
mngedit di source code.
3. Minimnya dokumentasi teknis,
memiliki fitur yang masih sangat sederhana.
Sekian artikel terbaru di tahun yang baru ini. Semoga bermanfaat bagi teman-teman semua~ :3
Kalau ada komentar dan saran, boleh~ langsung aja tulis di bawah artikel ini~
Wassalaamu'alaikum~~
setelah workshop EA (SI-UNAND 2012)