Unknown On Sabtu, 14 Februari 2015

Assalaamu'alaikum, sobat Rara-Deye semua~ ^__^)//
Huaa...huaa.... udah lama gak posting jadi bingung harus posting apa ya??
Apalagi Rara sibuk kuliah dan gak sempat posting apapun, jangankan posting buka blog saja tak sempat -_-)v
Nah, karena Rara hanya punya materi tentang kuliah, jadi Rara akan berbagi sedikit mengenai sebuah web-aplikasi yang disebut ZURMO!

tampilan awal ZURMO


SEBELUMNYA~
Rara mau MEMPERINGATI dulu tentang artikel ini, karena artikel ini merupakan hasil kerja keras dan dibuat oleh teman-teman Rara, dari Jurusan Sistem Informasi, Universitas Andalas, oleh Kelompok 8 yang mempresentasikan hasil teamwork mereka selama dalam mata kuliah Enterprise Application di semester 5. Siapa saja mereka??
=>Ananda Ardane
=>Maya Sopiah Lubis
=>Audiah Duhani
=>Suryaraputra Rahmatsyah F.
=>Agalalan Agustin
JADIIII.....
Kalian boleh kopasus (kopi-paste-ubah-sedikit) artikel ini mengatasnamakan mereka yang diatas ya~ Dan silahkan berterimakasih pada mereka karena pengenalan ZURMO berbahasa Indonesia sangat minim >/\<

OKE, langsung aja ke materi kita, ekhem~ (kayak dosen memberikan kuliah :D )

Sebelum kita mengenal ZURMO, terlebih dahulu kita mengenal CRM karena ZURMO ini berbasiskan pada CRM.




Defenisi  CRM
            Ada beberapa definisi tentang CRM antara lain:
            a. “CRM sebagai proses pengelolaan informasi rinci mengenai titik sentuhan (touch points) individual pelanggan untuk memaksimalkan loyalitas pelanggan. Untuk sebuah hotel, titik sentuh itu dapat mencakup reservasi, check – in, check – out, frekuensi menginap, layanan kamar, layanan bisnis, fasilitas olahraga, layanan cucian, restoran, maupun bar” (Kotler dan Keller, 2009).
            b. “CRM sebagai pengelola hubungan pelanggan melibatkan dua tujuan yang saling berkaitan: pertama, member semua organisasi dan semua karyawannya yang berhadapan dengan pelanggan, satu pandangan lengkap tentang setiap pelanggan di setiap hal dan di lintas semua saluran; dan, kedua, member pelanggan satu pandangan lengkap tentang perusahaan dan saluran-salurannya yang luas” (O’Brien, 2008:325). 
    
   Keuntungan CRM

CRM membantu perusahaan untuk mengembangkan produk baru berdasarkan pengetahuan yang lengkap tentang keinginan pelanggan, dinamika pasar dan pesaing dengan cara:
·         Menjaga pelanggan yang sudah ada
·         Menarik pelanggan baru
·         Cross Selling: menjual produk lain yang mungkin dibutuhkan pelanggan berdasarkan pembeliannya
·         Upgrading: menawarkan status pelanggan yang lebih tinggi (gold card vs. silver card)
·         Identifikasi kebiasaan pelanggan untuk menghindari penipuan
·         Mengurangi resiko operasional karena data pelanggan tersimpan dalam satu sistem
·         Respon yang lebih cepat ke pelanggan
·         Meningkatkan efisiensi karena otomasi proses
·         Meningkatkan kemampuan melihat dan mendapatkan peluang


  

ZURMO

Zurmo merupakan salah satu aplikasi CRM (Customer Relationship Management) yang bersifat open source.  Aplikasi ini merupakan aplikasi mobile, dan sosial. Zurmo dikembangkan dengan menggunakan metodologi test-driven di dalam pengembangan setiap bagian dari aplikasinya. Hal ini berarti bahwa kita dapat membuat dan menjaga system CRM yang telah diatur sendiri dengan jaminan bahwa update kedepannya tidak akan merusak instalasi yang telah dilakukan.

 
   Fitur-fitur Zurmo

1.      Contact Management
·         Tampilan detail kontak secara penuh
·         Dapat digunakan di dalam memimpin manajemen
·         Dapat memperoleh informasi secara cepat dengan menggunakan Global Search
2.      Activity Management
·         Meetings, Tugas, Catatan, and Pemberitahuan berada pada satu tempat
·         Dapat melihat aktifitas manajemen yang telah terjadi
·         Latest activities widget, merupakan salah satu hal yang dapat mempermudah di dalam melihat informasi yang telah terjadi
3.      Deal Tracking
·         Otomasi tenaga penjualan
·         Dapat digunakan untuk membuat dan mengatur kesempatan yang ada di dalam manajemen
·         Track Sales Pipeline
·         Kemungkinan Penutupan
4.      Gamification
·         CRM Gamification rewards end users
·         Menyediakan fitur Scores & Badges
·         Menyediakan fitur Achievement & Status
·         Dapat digunakan untuk meningkatkan adopsi bagi pengguna
5.      Reporting
·         Laporan dibuat dalam brentuk virtual dalam berbagai record
·         Filter dengan menggunakan Drag and Drop
·         Dapat digunakan untuk mengkostumisasi, menyimpan, dan berbagi laporan
·         Menggunakna chart berupa 3D Bar Graphs, Donut, Pie, dll
6.      Workflow
·         Workflow dapat dibuat dengan menggunakan drag and drop wizard
·         Memberikan Trigger email alerts
·         Dapat memantau setiap event selama event tersebut berlangsung
·         Dapat memberikan laporan dalam hal event yang akan berlangsung maupun event yang telah terjadi
7.      Marketing Automation
·         Dapat digunakan untuk membeuat dan mengirim e-mail yang berupa kampanye pemasaran
·         Memberikan jadwal dari autoresponders
·         Dibangun dan terhubung dengan Web Form yang mempunyai link secara langsung terhadap CRM
·         Dapat digunakan untuk mengatur promosi atau kampanye dari perusahaan
8.      Product Management
·         Menyediakan fitur pembuatan katalog produk
·         Dapat digunakan untuk mengintegrasikan produk dengan kesempatan, akun, dan kontak
·         Melakukan pengaturan terhadap item suatu produk dan jumlah yang tersedia
9.      Security
·         Memberikan Roles untuk user
·         Menyediakan fitur Groups
·         Memberikan fitur izin, hak, dan kebijakan dalam kegiatan manajemen
·         Adanya Ad-hoc teams
10.  Personalize
·         Dapat melakukan pengaturan terhadap field, layout, dan label
·         Dapat melakukan pengaturan Dashboards
·         Dapat mengkalkulasikan fields
·         Dropdowns yang bersifat dependen
11.  Internationalization
·         Menyediakan berbagai bahasa.
·         Konfersi mata uang dapat digunakan secara langsung
·         Mendukung berbagai zona waktu
12.  Developer Friendly
·         Open Source CRM yang bersifat komplit
·         Dokumentasi yang luas dan menyediakan dukungan dari komunitas
·         Uses Test Driven Development (TDD)
·         Dibuat dengan menggunakan Yii/JQuery
·         Dapat berjalan di atas platform Windows atau Linux
13.  Intergration
·         Menyediakan API yang baik
·         Adanya fitur Google Mapping / Geocode
·         Adanya fitur Currency updator4m
·         Dapat melakukan pengarsipan e-mail
14.  On The Go
Dapat digunakan di dalam beberapa versi, yaitu :
·         Tablet
·         iOS
·         Android


Platform dari Zurmo
Zurmo merupakan Open Source CRM yang benar-benar merupakan suatu open source. Zurmo tidak hanya terbatas pada penggunaan use case CRM tradisional. Zurmo juga merupakan salah satu platform yang dibangun dengan menggunakan PHP dan dapat digunakan untuk menampung data dalam kuantitas yang banyak. Zurmo dibangun dengan pondasi yang kuat baik dari segi Back-End maupun Front-End.

Back-End : Disiplin yang tinggi di dalam Rekayasa Perangkat Lunak
1.      Open Source menyediakan level kustomisasi yang lebih dalam.
2.      Pengembangan Test Driven Engineering meyakinkan bahwa Zurmo memiliki kekuatan yang stabil yang dapat mengeliminasi bugs dan mempertahankan integritas suatu kode.

Front-End : Memberikan pengalaman yang baik kepada User
1.      UI dari Zurmo sangat terkenal minimalis dan intuitif.
2.      Game Mechanics dibangun ke dalam core code yang memotivasi dan mengenali pengguna, mendorong adopsi pengguna.



  Kelebihan Zurmo
            Zurmo memiliki beberapa kelebihan sebagai sebuah CRM, antara lain:
1.      Merupakan platform open-source dan tidak berbayar.
2.      Berbasis web dan dikembangkan dengan bahasa pemrograman PHP.
3.      User bisa menggunakan database popular, seperti MySQL, PostgreSQL, dan Oracle.
4.      Tiap fitur atau menu di dalam platform dijadikan modul dalam satu folder.
5.      User interface yang bersih dan rapi.
6.      Memiliki fitur modul desisgner, yaitu fitur yang bisa digunakan untuk menambah field-field baru langsung dari aplikasi tanpa mengubah source code atau database secara langsung.
7.      Memiliki fitur layout designer, yaitu fitur yang memungkinkan user untuk mengatur field apa saja yang ingin ditampilkan.


Kekurangan Zurmo
            Di samping kelebihan, Zurmo sebagai platform open-source juga memiliki beberapa kekurangan, antara lain:
1.      Komentar di dalam source code masih sedikit, sehingga sedikit sulit jika ingin mengubah atau mengembangkan source code sesuai dengan kebutuhan user.
2.      Untuk mengubah beberapa hal, seperti mengubah tampilan atau mengganti logo, user diharuskan untuk langsung mngedit di source code.
3.      Minimnya dokumentasi teknis, memiliki fitur yang masih sangat sederhana.



Sekian artikel terbaru di tahun yang baru ini. Semoga bermanfaat bagi teman-teman semua~ :3
Kalau ada komentar dan saran, boleh~ langsung aja tulis di bawah artikel ini~
Wassalaamu'alaikum~~


setelah workshop EA (SI-UNAND 2012)

Leave a Reply

Kami sangat mengharapkan kritikan dan saran dari teman2 semua!

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments