Unknown On Sabtu, 26 Mei 2012


Bulu mata sebenarnya memang tumbuh, tapi secara perlahan. Setiap rambut pada tubuh Anda menjalani siklus (pertama rambut tumbuh, kemudian beralih kefase istirahat saat berhenti tumbuh, dan pada akhirnya luruh). Rambut pada kepala Anda menjalani siklus panjang yang berlangsung beberapa tahun. Rambut dikulit kepala menjalani siklus pertumbuhannya selama beberpa tahun, diikuti oleh fase transisi selama dua sampai tiga minguu, dan masa istirahat selama tiga sampai empat bulan sebelum luruh.

Disisi lain, bulu mata menjalani siklus pertumbuhan yang singkat (dua sampai tiga bulan), kemudian fase transisi (dua sampai tiga minggu), diikuti fase istirahat selama dua sampai tiga bulan sebelum luruh. Siklus ini kemudian dimulai lagi dengan bulu mata yang baru. Karena bulu mata Anda bertahan hanya beberapa bulan (dibandingkan dengan rambut kepala yang tumbuh selama bertahun-tahun) bulu mata Anda tidak pernah tumbuh sedemikian rupa untuk bisa Anda perhatikan. Akhirnya, karena setiap helai rambut memulai dan mengakhiri siklus pertumbuhannya pada waktu yang berbeda, maka seluruh rambut Anda tidak pernah luruh sekaligus dalam waktu yang bersamaan.

[Sumber: Buku Mengapa Kita Cegukan?Mengapa Bulu Mata Kita Tidak Tumbuh? Oleh Beth Ann Ditkoff, Rahst Books (PT Ufuk Publishing House)]

Leave a Reply

Kami sangat mengharapkan kritikan dan saran dari teman2 semua!

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments